Selasa, 04 Agustus 2015

Istilah Warung

Standard

Warung (waroeng) adalah usaha kecil yang dijalankan secara keluarga dengan cara yang seringkali tradisional sehingga mudah bagi siapapun untuk memulainya. Warung pada gilirannya merupakan detonasi untuk kategori luas dari berbagai jenis usaha kecil (istilah lainnya adalah kedai , angkringan) . Sedangkan toko walaupun memiliki kemiripan , sering diasumsikan sebagai skala yang lebih besar dari warung.  (Sumber Foto : Wikimedia)


Varian Warung 


Warung juga menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari berdasarkan penggolongannya seperti warung nasi , warung Tegal (warteg) , warung internet (warnet) , warung jamu , warung telepon (wartel) , warung kopi (warkop)  warung sembako , warung kelontong , warung telepon , dll  . Singkatnya , warung menjadi bagian dari keseharian di negara Indonesia , seringkali dijalankan oleh kaum wanita untuk menambah penghasilan keluarga jika suaminya berkerja.

  • Warung Kelontong , adalah warung yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari dari bahan sembako (telur , terigu , gula , garam) , mie instant , rokok , minuman instant , kopi instant , snack , cemilan , air mineral  , LPG , obat-obatan umum , dan terkadang beberapa diantaranya melengkapi diri sebagai counter pulsa maupun listrik . Secara fungsi warung kelontong merupakan skala yang lebih kecil dari toko kelontong .
  • Warung Rokok , adalah warung yang lebih kecil daripada warung kelontong dan dapat dijalankan di gerobak roda pinggir jalan , yang menjadi sekaligus tempat tinggal . Karena keterbatasan tempat , warung ini lebih memfokuskan produk rokok jenis minuman dan snack populer saja.
  • Warung Telepon , adalah warung yang menyediakan sarana kemudahan komunikasi telepon bagi masyarakat menengah ke bawah . Pada gilirannya usaha ini padam tergerus oleh makin luasnya penggunaan ponsel di kalangan masyarakat.
  • Warung Kopi , adalah bentuk yang paling sederhana dari cafe yang menyediakan sarana bagi masyarakat menengah bawah untuk melepas penat dengan meminum kopi instant , sambil merokok . Disisi lain warung jenis ini juga menyediakan berbagai cemilan lokal yang terkadang merupakan buatan sendiri , seperti pisang goreng dll . 
  • Warung Nasi , adalah bentuk yang paling sederhana dari restoran yang menyediakan nasi berserta masakan masakan lokal dengan harga terjangkau . Bentuk lain dari warung nasi adalah Warung Tegal (Warteg) yang merujuk pada asal pengelola dari daerah Tegal , juga Warung Padang yang menyediakan masakan Padang.
  • Warung Bubur , adalah warung yang menyederhanakan sajiannya kedalam beberapa jenis saja , seperti bubur kacang hijau dan mie instant. 
  • Warung Internet (Warnet) , adalah warung yang menyediakan sarana internet bagi masyarakat luas.
Realitanya diantara warung ini bisa saling merangkap melampaui fungsi dasarnya. Misalkan warnet yang tidak saja menyediakan sarana internet , tetapi juga menyediakan rokok dan minuman instant bagi para pengunjungnya.


0 komentar:

Posting Komentar